Oleh : Sepsiantto
Dari sebuah kebaktian 16 juni, 31 Maret & 7 April
2013
Semangat paskah
kembali dibangkitkan yaitu pengharapan akan
kedatangan yesus kembali sebagai yang sulung. Karena sukacita itu
sendiri berpangkal dari kenyataan bahwa kristus mengemban kemenangan itu. yaitu
kemenangan atas segala kuasa dosa dan maut. Danini adalah merupakan titik balik
yang tak terbantahkan bagi semua manusia, bahwa kematian yang berkuasa sejak
jaman adam di kalahkan dengan kebangkitankristus dan di telan dalam
kemenangan I kor 15 : 20,22 dalam kontek
sini sering kali orang mengilustrasikan : “'Musa bagaikan Depcolector Yesus Bagaikan Pegadaian"
coba kita telaah makna
ilustrasi ini menggambarkan bahwa datangnya Musa membawa" HUKUM"
untuk menghakimi yg salah. Contoh :
jangan mencuri dengan mencuri maka tangannyalah akan di potong, jangan berbuat
zinah jika berzinah
akan di rajam dll ( itu yg di ibaratkan Depkolektor) mengatasi masalah dengan
menimbulkan masalah baru, bermaksud mengurangi dosa tetapi
menimbulkan dosa baru
( orang kedapatan berzinah maka
di rajam bahkan tdk sedikit yg kemudian mati) apakah dengan kematian si pendosa
tdk menimbulkan dosa baru ..? (pembunuhan). lain halnya dengan
Yesus ketika di bawa kehadapannya orang yg berbuat zinah lalu yesus mengatakan
" biarlah yg pertama tama melempar batu ke pezinah itu yg merasa dirinya
tdk mempunyai dosa. ( di sini bisa di lihat bahwa Yesus adalah Pengampun,
Pengasih dan penyayang) dan bukan hukum yg di bawanya tetapi "KASIH"
itu yg di sebut dan di orag bahwa Yesus bagaikan Pegadean ( mengatasi masalah
tanpa masalah)
Maka dalam kemenangan ini Rasul Paulus memperoleh kepastian akan
keselamatan masa depan kebangkitan dan pengubahan kita pada harinya kristus
datang. Karena sama seperti semua orang mati
dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan di
hidupkan kembali dalam persekutuan dengan Yesus, tetapi tiap tiap orang menurut
urtannya, yaitu Yesus sebagai buah sulung sesudah itu baru mereka yang menjadi milikNya
pada waktu kedatangan Nya.( I kor 15 : 22-23) di sini jelas bisa kita lihat
bahwa yesus datang membawa “Pembaharuan” sebagai sang reformator untuk sebuah keselamatan, Yesus sebagai yang
sulung yng berarti yang pertama atau
yang mengawali sebuah keselamatanitu sendiri, hal ini bukan tdk berdasar di
dukuung pula oleh wahyu 22 : 13 “Akulah alpa dan Omega yang pertama dan yg
terkemudian yang awal dan yg akhir .
hal ini jelas di katakan yesus bahwa : yesuslah yang mengawali dari
sebuah keselamatan ,
pembebasan atas kuasa dosa dan yg akan mengakhirinya dengan meremukan kepala si
ular dengan tumitnya.hal ini jelas sekali kita bisa pahami bahwa “ kita jatuh
kedalam kuasa dosa oleh satu orang yaitu
Adam. Tetapi kita di selamatkan juga oleh satu orang yaitu Yesus. Hal ini jika kita ilustrasikan seperti
ungkapan dengan dunia pendidikan yang di pelopori oleh RA.Kartini “ Habis Gelap
Terbitlah Terang” yaitu kegelapan datang
melalui Adam kemudian terang itu terbit
Melalui Yesus kristus. Namun sekarang pertanyanny adalah : Siapakah yang akan
terbilang dalam yang ambil bagian pada kemenangan kristus itu...?
Yaitu :
1. Mereka yang percaya pada kebangkitanNya
2 Mengikut
kepadaNya.
3.Mereka yang menantikan
kedatangannya dan mendapatkan kelahiran baru oleh baptiasan air dan Roh
tetapi itu
semuapun akan Tuhan sendiri yang akanmemuutuskan siapa saja yang IA anggap
patut pada harinya datang untuk di ubahkan. Pada saat pengubahan itulah akan
menjadi nyata apakah kita telah memenuhi pra sarat untuk menjadi yang sulung
itu. tetapi di samping itukita di ingatkan hal yang sangat mengenaskan bagi manusia
takala ia tidak mengakui Kematian , Kabangkitan sampai kenaikan Yesus ke surga (
I kor 15 : 12-19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar