Senin, 04 Februari 2013

PENTINGNYA DOA DALAM KEHIDUPAN KEIMANAN KRISTIANI



Sepsianto
Dari sebuah Kebaktian minggu I bulan ke II Th 2013

Doa :
 
Merupakann nafas dari orang orang yang beriman, doa merupakan peranan yng sangat fital dalam kehidupan kepercayaan, keimanan orang kristen. jadi jika ada oarang yang mengaku dirinya ber iman tapi tdk pernah berdoa, itu adalah suatu kebohongan, bukan hanya kepada Allah sebagai sang penciptanya tetapi juga kepada sesama. Jadi jika kita hidup dalam Iman tentu kita harus sering berdoa,  kehidupan keimanan kita tdk bisa terlepas dengan doa doa itu sendiri, lalu bagai manakah isi doa yang benar:

ada 4 poin penting dalam doa

1.Penyembahan,(Persembahan)
2. Sukur                                                      
3.Pertobatan, Pengakuan dosa                  
4.Perantara (syafat) 

ini semua haruslah  Lahir dari iman,pengandalan diri dan bersungguh sungguh, bukan sekedar Rutinitas atau hafalan saja

1.   PERSEMBAHAN/PENYEMBAHAN/PUJI-PUJIAN

Pertama tama dalam sebuah doa hendaklah memuji nama Allah, mengakui kebesaran Allah sebagai sang pencipta dan penguasa segala galanya. Untuk itukita patut menyembah, bersujud di hadapannya dengan sikap yg mengakui ke Esaan Allah. 

Contoh : Allah bapa yang maha kasih yg bertahta dlm kerajaan surga hambamu menghadap menyembah kepadamu.....dst

2.   SUKUR

Manusia mahluk yang terkadang di sebut mahluk yang kurang berzukur, apa yang manusia minta di berikannya sama tuhan akan tetapi ketika itu di berikan manusia itu akan meminta lebih bahkan mengadili keputusan Allah. Contoh kasus : Ketika Musim kemarau semua tanaman menjadi kering manusia itu memohon hujan, akan tetapi  ketika Allah memberinya banyak tidak lagi sedikit , hujan terus menerus manusia itu mengeluuh takut Longsor, takut banjir dll.  Bahkan ketika doa itu terjawab oleh Tuhan manusia tdk pernah menyadarinya. Ketika sakit meminta agar di sembuhkan tetapi ketika Allah menjawab doa manusia, dia kemudian memuji muji dokternya yg hebat. dll Uuntuk itu di poin yang kedua ini kita patut menghaturkan zukur dan terimakasih atas apa yang telah tuhan berikan kepada kita, Baik itu rezeki, pakaian, Nikmat Dunia dan segala karunia baik itu karunia duniawi terlebih lagi karunia rohani. Dengan menyadari betul bahwa tidk semua doa yang kita panjatkan kepada Allah bapa kita tidak semua di kabulkan.

 Contoh :  Bapa Pada Kesmpatanini pula hambamu mengucapkan zukur  Atas apa yang telah engkau karuniakan pada Kami (Sandang, pangan, papan,Kenikmatan dunia) dst...

3.  Pertobatan.

Pada Poin ketiga ini manusia diposisikan atau harus menyadari / sadar betul bahwa kita jauh dari kesempyurnaan dan tempatnya salah , hilaf dan dosa untuk itu mohon apapun dan menyatakan diri sebagai mahluk yng berdosa membuat hati Allah tergugah dan mengasihikita, jarang dalam poin ini kita jarang sekali untuk melakukannya, bahkan jarang sekali kita melihat ada orang yg berdoa di hadapan Allah dengan menangis menyesali ( flashback) melihat lagi kebelakang tentang  dosa dosa yang pernah di lakukannya.merendahdahkan diri di hadapan Allah  kita harus tahu betul siapa manusia itu di hadapan Allah. Seperti halnya Abraham, dia adalah orang besar, Bapa dari segala bangsa tetapi dia menyadari betul siapa dirinya di hadapan Allah. Dia menyatakan dirinya tdk pantas sebetulnya di hadapan Alalh karena dia hanya lah Debu dan Abu. Kej 18 : 27

Contoh : Bapa...Biarlah yang hina ini Hambamu yg penuh dosa dan kekotoran ini kiranya Engkau perkenankan untuk
                menghadapmu ....dst...

4. Perantara (syafat)

Yang tidak kalah pentingnya adalah kita mendoakan  keluarga, sanak , saudara, familly kerabat dll tetapi juga tdk terbatas pada lingkungan keluarga saja tetapi , lingkungan di mana kita tinggal, bangsa negara, pejabat pemerintah dari yg paling atas hingga yg paling bawah, bahkan musuh2 kita kita doakan untuk segala sesuatu yang baik. Tidak membatasi hanya di lingkungan keluarga saja. Seperti contoh di atas ttg abraham yng berdoa Untuk Sodom dan Gomora, abaraham tdk berdoa untuk dirinya sendiri tetapi untuk seluruh umat di sodom dan gomora. Untuk keselamatan sodom dan gomora abraham berani ngotot berdoa di hadapan Allah.


Dari contoh Elia dan abraham ini Marilah kita upayakan untuk menjadi pendoa pendoa yang yang  berdoa dg Iman, yg mengunakan pengandalan diri dan dengan kerendahan hati dan sungguh2 bukan sekedar rutinnitas. Sehingga pada harinya tuhan datang kita dapat di ambil patut.

2 komentar:

  1. Doa

    Doa memang nafas dari seorang kristiani, tapi menurut saya ada doa yang tidak mungkin dikabulkan Tuhan ketika kita meminta untuk selalu sehat, harta melimpah, karir bagus dan selalu bahagia. Tetapi mintalah kepada Tuhan agar kita diberikan kekuatan, kesanggupan didalam menjalani liku kehidupan ini, serahkan hidup kita agar sepenuhnya Tuhan pakai baik di dalam senang dan susah, biarkan Ia merangkai melodi hidup kita dan pasti melodi itu akan indah di dengar.

    BalasHapus
  2. Amen..Saudara/i Ku....terimakasih Komentnya

    BalasHapus