Senin, 22 Juli 2013

YESUS SANG REFORMATOR SEJATI



Oleh : Sepsiantto
Dari sebuah kebaktian 16 juni, 31 Maret & 7 April 2013

Semangat paskah kembali dibangkitkan yaitu pengharapan akan  kedatangan yesus kembali sebagai yang sulung. Karena sukacita itu sendiri berpangkal dari kenyataan bahwa kristus mengemban kemenangan itu. yaitu kemenangan atas segala kuasa dosa dan maut. Danini adalah merupakan titik balik yang tak terbantahkan bagi semua manusia, bahwa kematian yang berkuasa sejak jaman adam di kalahkan dengan kebangkitankristus dan di telan dalam kemenangan  I kor 15 : 20,22 dalam kontek sini sering kali orang mengilustrasikan : “'Musa bagaikan Depcolector Yesus Bagaikan Pegadaian"


coba kita telaah makna ilustrasi ini menggambarkan bahwa  datangnya Musa membawa" HUKUM" untuk menghakimi yg salah. Contoh : jangan mencuri dengan mencuri maka tangannyalah akan di potong, jangan berbuat zinah jika berzinah akan di rajam dll ( itu yg di ibaratkan Depkolektor) mengatasi masalah dengan menimbulkan masalah baru, bermaksud mengurangi dosa tetapi menimbulkan dosa baru
( orang kedapatan berzinah maka di rajam bahkan tdk sedikit yg kemudian mati) apakah dengan kematian si pendosa tdk menimbulkan dosa baru ..? (pembunuhan). lain halnya dengan Yesus ketika di bawa kehadapannya orang yg berbuat zinah lalu yesus mengatakan " biarlah yg pertama tama melempar batu ke pezinah itu yg merasa dirinya tdk mempunyai dosa. ( di sini bisa di lihat bahwa Yesus adalah Pengampun, Pengasih dan penyayang) dan bukan hukum yg di bawanya tetapi "KASIH" itu yg di sebut dan di orag bahwa Yesus bagaikan Pegadean ( mengatasi masalah tanpa masalah)

Maka dalam kemenangan ini Rasul Paulus memperoleh kepastian akan keselamatan masa depan kebangkitan dan pengubahan kita pada harinya kristus datang. Karena sama seperti semua orang mati  dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan di hidupkan kembali dalam persekutuan dengan Yesus, tetapi tiap tiap orang menurut urtannya, yaitu Yesus sebagai buah sulung  sesudah itu baru mereka yang menjadi milikNya pada waktu kedatangan Nya.( I kor 15 : 22-23) di sini jelas bisa kita lihat bahwa yesus datang membawa “Pembaharuan” sebagai sang reformator  untuk sebuah keselamatan, Yesus sebagai yang sulung  yng berarti yang pertama atau yang mengawali sebuah keselamatanitu sendiri, hal ini bukan tdk berdasar di dukuung pula oleh wahyu 22 : 13 “Akulah alpa dan Omega yang pertama dan yg terkemudian yang awal dan yg akhir .

hal ini jelas di katakan yesus bahwa : yesuslah yang mengawali dari sebuah keselamatan , pembebasan atas kuasa dosa dan yg akan mengakhirinya dengan meremukan kepala si ular dengan tumitnya.hal ini jelas sekali kita bisa pahami bahwa “ kita jatuh kedalam kuasa dosa oleh  satu orang yaitu Adam. Tetapi kita di selamatkan juga oleh satu orang yaitu Yesus.  Hal ini jika kita ilustrasikan seperti ungkapan dengan dunia pendidikan yang di pelopori oleh RA.Kartini “ Habis Gelap Terbitlah Terang”  yaitu kegelapan datang melalui Adam  kemudian terang itu terbit Melalui Yesus kristus. Namun sekarang pertanyanny adalah : Siapakah yang akan terbilang dalam yang ambil bagian pada kemenangan kristus itu...?

Yaitu :
 1. Mereka yang percaya pada kebangkitanNya
2 Mengikut kepadaNya.
3.Mereka yang menantikan kedatangannya dan mendapatkan kelahiran baru oleh baptiasan air dan Roh

tetapi itu semuapun akan Tuhan sendiri yang akanmemuutuskan siapa saja yang IA anggap patut pada harinya datang untuk di ubahkan. Pada saat pengubahan itulah akan menjadi nyata apakah kita telah memenuhi pra sarat untuk menjadi yang sulung itu. tetapi di samping itukita di ingatkan  hal yang sangat mengenaskan bagi manusia takala ia tidak mengakui Kematian , Kabangkitan sampai kenaikan Yesus ke surga ( I kor 15 : 12-19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar