Jumat, 19 Januari 2024

PENGETAHUAN DAN IMAN

Renungan dari sebuah Ibadah

 oleh : Sepsianto

Dasar firman : Matius 2:10-11

Teks Alkitab di ambilkan dri kisah Bayi Yesus

Orang orang Majus mamengawali dengan menyatakan alasan mengapa mereka datang , kami telah melihat bintang – Nya di Timur dan kami datang untuk “ Menyembah DIA”

Jika kita lihat dari sejarah Orang – Orang majus orang orang pandai dan terpelajar mereka adalah ahli filsafat,kedokteran, Ilmu alam dan Astrologi mereka jauh jauh datang ke Yerusalem dari  Timur ( Babel/Media Persia atau tepatnya Ur-Kasdim/ Babilonia yang sekarang di sebut Irak) kita tahu orang majus adalah ahli perbintangan dan juga pandai meramal, sehingga ketika melihat Bintang mereka segera untuk dapat melihat bintang itu, karena mereka mengetahui dari berbagai sumber ( Nubuatan para Nabi ) sebelumnya tentang akan datangnya seorang raja di Yerusalem. Sehingga dari pengetahuna inilah mereka bergegas ketika melihat bintang itu untuk segera pergi di ayat ke 2

dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."


Yang menjadi perhatian kita adalah mereka memiliki pengetahuan akan datangnya Mesias, Raja segala raja dari pengetahuan ini orang orang majus mempunya “Iman” dan di tunntun Allah sehingga mempunyai keinginan untuk menyembah kepada seorang bayi, bagai mana bisa di katakan itu adalah Iman sebab jika mengengandalkan logika  jika hanya sekedar menyembah akan datangnya Raja pasti mereka akan berpikir bahwa Seorang Raja harusnya lahir di Istana dll, hal ini berbeda seperti yg di lihat oleh orang orang majus seorang bayi yg di lahirkan di palungan di kandang domba, akan tetapi mereka tidk menghiraukan hal ini, bahakan memberikan persembahan yang terbaik,  emas, kemenyan dan mur. (Ayat ke 11)

Jika Berbicara Pengetahuan Orang Orang Yahudi juga tidak kalah Pandai karena di antara mereka banyak Ahli Ahli taurat,Para Imam dan juga orang orang yang terkenal dengan pengetahuannya,mereka adalah ahli taurat mereka lebih tahu tentang nubuat para nabi dan hafal dan mengutipnya dengan cepat  tentang akan lahirnya sang Mesias sang Raja, bahkan dengan sangat detil memberi tahu herodes mereka memberi tahu Herodes  di Betlehem di tanah yudea. ( Ayat 5) Yang kemudian menjadi perbedaan Ahli ahli taurat dengan orang majus ini adalah “ Iman dan tuntunan Allah” yang merupakan karunia Allah, ini yang mereka tidak miliki karena apa..? karena mereka hanya megandalkan pengetahunanya sendiri saja tidak di sertai Iman dan Tuntunan Allah. Sama halnya dengan Herodes dia ingin tahu dan mengatakan akan ikit menyembah Nya, tapi itu hanya trik supaya tahu tempatnya dan ada motofasi yang lain bukan menyembah tapi ingin membunuhnya karea takut tersaingi dan lain lainnya.

Bagaimana dengan Kehidupan Kita saat ini Kita( Orang Orang Kristen ) adalah orang orang pilihan Allah degan tuntunan Allah kita memiliki pengetahuan siapa Yesus sang bayi kecil itu, dia adalah sang Mesias, sang Raja segala Raja, Sang Tabinb Agung, Sang Juru Selamat,Sang Imam Mahdi. Lalu posisi kita akan seperti orang majus itu atau sang Ahli Taurat, bayak di antara orang kristen yang masih mempertayakan Otoritas Yesus, ke IlahianNya,karena merasa pengetahunannya Lebih dari yang lainsehingga “AKU” nya lebih dominan. Mari kita belajar pada orang majus ini,

Selain pengetahuan mereka tunduk di bawah kehendak Allah di Bawah Tuntunan Allah yang merupakan Karunia, selain jarak yang jauh mereka Menyembah, bahkan mempersembahkan yang terbaik dari yang mereka miliki,

EMAS, ini adalah Logam Mulia yag melambangkan Kemulyaan yang berari juga pengakuan atas kemulyaan kristus dan mengakui Otoritas dan ke ilahiannya.

MUR/KEMENYAN adalah tanaman obat obatan di sini juga sebagi tanda pengakuan bahwa Yesus adalah Sang Tabib Agung yang akan menyembuhkan dan Menyelamatkan

DUPA yang melambangkan Keimam an Yesus sebagai Imam dari segala Imam ( Imam Mahdi) (Ibr 5:5-6)

Tidak hanya pengetahuan yang di berikan kepada kita akan tetapi tawaran keselamatan dan jaminan Hidup untuk bersama sama Yesus memerintah kerajaanya di Dunia yang Baru langit Yang baru dengan kehidupan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar