Kamis, 20 Juni 2024

ROH KUDUS DI JANJIKAN

 

Catatan dari sebuah Ibadah

Oleh : Sepsianto

Dasar Firman Yoel 2 : 28

"Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.


Dalam Ibadah mengawali bulai mei  2024 ini sukacita dapat di rasakan oleh Jemaat yang hadir melalui pelayanan Ps.sepsianto dalam khotbahnya yang berfokus pada nubuatan Nabi Yoel tentang Aktivitas Kuasa Rohkudus

Dalam kitab Yoel berfokus pada tema tema Eskatologis, khususnya Harinya Tuhan, Nabi Yoel aktif di Yeruslem , ibu kota kerajaan Yehuda bagian selatan. Bangsa itu telah jatuh pada masa masa sulit, serangan dari bangsa bangsa lain telah melemahkan Yehuda . wabah belalang menyerang menghancurkan sektor pertanian, sehingga berada dalam posisi yang sulit secara ekonomi maupun Rohani. ( YL1:14)


Untuk itu Yoel mengarahkan umat kepada anugrah dan pertolongan Allah (yl 2:32) yang di tandai oleh kehadiran Rohkudus, untuk itu ia berkata bahwa  Tuhan akan mencurahkan RohNya ke atas umat Nya. Mereka akan berkata kata tentang Allah, bermimpi tentang Allah dan menjadi saksiNya. Dalam hal ini menunjukan bahwa Roh kudus hadir semenjak masa Perjanjian Lama ( Taurat ) demikian juga bisa kita pahami pada saat proses penciptaan “ Roh Allah Melayang layang di atas cakrawala dan mencipta, (Kej 1: 2) hal itu menunjukan bahwa Rohkudus hadir bukan setelah peristiwa Pentakosta, Tetapi Rohkudus telah Eksis sejak Penciptaan di mulai.

Yoel 2 :28-32 menjadi peranan penting dalam khotbah petrus pada hari pentakosta (kis 2 ;17-21) hal ini menjadikanjelas bahwa peristiwa peristiwa yang terjadi di Yerusalem telah di nubuatkan oleh Nabi Yoel. Orang orang di seluruh bangsa dipenuhi Rohkudus dan mulai memberitakan kebenaran ilahi. ( Tidak hanya di Yerusalem)


Pencurahan rohkudus keatas orang orang menghasilkan bentuk ekspresi yang beragam  seperti, Penglihatan, Nubuatan dan mimpi mimpi. Sehingga penerimaan karunia rohkudus membawa perubahan dalam prilaku seseorang. Seperti halnya orang orang pada saat itu, saat ini juga kita dapat bersukacita  dan bergembira (Yl 2 : 21) karena janji janji telah di genapi dan Rohkudus masih aktif di dalam Gereja, demikian juga janji kedatangan kristus kembali di pelihara melalui aktifitas Rohkudus.

Dalam pelayanannya Ps.Sepsianto memberikan Sakramen Baptisan Kudus Kepada Anak dari pasangan Bapak Danar dan Ibu Indah yang bernama Gihon, dimana baptisan suci adalah tidakan yang awal dan mendasar dalam kekristenan dan juga tidakan awal untuk memperoleh keselamatan yang di janjikan Allah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar